Kegunaan minyak bulus untuk Kesehatan

Diposting pada

- Tempat iklan 1 336 x 280 -

Kegunaan minyak bulus banyak dicari oleh orang-orang, termasuk untuk kesehatan. Bulus sendiri merupakan sejenis kura-kura dengan punggung lunak, dengan nama ilmiah Amyda Cartilaginea. Dan kura-kura ini termasuk anggota dari suku Trionychidae. Bulus disebut juga sebagai kura-kura punggung lunak disebabkan oleh perisainya hanya terdiri atas karapas (Tempurung punggung kura-kura tersebut) dan tulang rawan, tempurung punggung bulus dilapisi kulit licin dan tebal. Jika Anda menyebut kura-kura bulus dalam bahasa Inggris, biasanya dikenal dengan sebutan common softshell turtle atau Asiatic softshell turtle. Sementara itu jika dalam bahasa Madura dikenal juga dengan nama lain ketempah. Memang antara bahasa yang satu dengan yang lainnya berbeda, tetapi itu semua mengarah ke kura-kura bulus. Mari baca selengkapnya.

(Kura-kura bulus yang dijadikan minyak untuk kesehatan)

Kegunaan minyak bulus untuk kesehatan


Jika dikaitkan dengan kesehatan, ada minyak yang dibuat menggunakan bahan kura-kura bulus ini. Disebut juga sebagai obat herbal, dan dipercaya oleh cukup banyak orang. Orang-orang percaya jika minyak bulus itu mempunyai efek positif yang cukup beragam dan tidak mengakibatkan efek samping negatif sama sekali. Tentu saja ini alasan mengapa banyak orang yang mencari informasi seputar minyak bulus. Cara pembuatan minyak bulus juga termasuk cara tradisional, jadi tidak menggunakan mesin dan bahan kimia sama sekali. Caranya yakni dengan mengambil lemak kura-kura bulus lalu kemudian diolah dan dipakai dalam pengobatan. Beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan yakni:

  • Membantu mengobati luka bakar
  • Menjadikan kulit nampak lebih cantik dan kencang
  • Mengobati rasa gatal dan menyembuhkan borok di kulit
  • Menghilangkan noda hitam mengganggu di wajah

Untuk menyembuhkan luka bakar, contohnya yakni jika kulit Anda tak sengaja terkena knalpot yang panas. Dan untuk menghindari kulit menjadi bengkak, Anda dapat mencoba mengoleskan minyak herbal bulus pada daerah yang mengalami luka bakar tersebut.

Penyakit kulit lain yang cukup berat juga dipercaya bisa disembuhkan dengan menggunakan minyak bulus ini. Beberapa contoh penyakit tersebut misalnya koreng, eksim, dan penyakit gatal. Cara pakainya juga mudah sekali, cukup bersihkan daerah kulit yang hendak diberi minyak bulus, lalu balurkan minyak bulus pada daerah tersebut untuk mendapat hasil yang Anda inginkan.

Kombinasi minyak bulus dengan sabun minyak bulus

Disebutkan bahwa penggunaan minyak bulus itu lebih baik jika dikombinasikan dengan sabun minyak bulus yang sama-sama obat herbal. Walaupun memang belum terbukti secara ilmiah, tetapi karena tidak memiliki efek samping berbahaya, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba cara ini. Sebab antara satu orang dengan orang lainnya, penggunaan minyak bulus disertai sabun minyak bulus belum tentu sama, karena kondisi kulit tiap orang berlainan.

Tips menggunakan minyak bulus

Jika Anda sudah memiliki atau membuat sendiri minyak bulus, maka berikut merupakan tips cara menggunakan minyak bulus tersebut dengan benar. Tepat sebelum menggunakan minyak bulus ini, Anda sebaiknya bersihkan daerah yang hendak diberi minyak dan bersihkan juga tangan menggunakan air yang bersih. Setelahnya, keringkan menggunakan handuk kemudian oleskan daerah yang telah dibersihkan dengan minyak bulus. Sesudahnya, jangan langsung dicuci, namun diamkan terlebih dahulu, tunggu paling tidak 10 menitan, sebelum akhirnya Anda bilas wajah atau bagian kulit lain yang bersentuhan dengan minyak bulus tersebut hingga benar-benar bersih. Jangan langsung ditinggal begitu saja tanpa dibersihkan, sebab nanti akan lengket dan menimbulkan jerawat karena kulit menjadi berminyak. Sekian informasi mengenai kegunaan minyak bulus untuk kesehatan, semoga berkenan.

- Tempat iklan 2 300 x 600 -
Kegunaan minyak bulus untuk Kesehatan | Unknown | 5

0 comments:

Post a Comment