Manfaat Kedondong dan Vitaminnya

Diposting pada

- Tempat iklan 1 336 x 280 -

Kegunaansehat.blogspot.com – Kedondong adalah kategori tanaman buah yang termasuk dalam suku Anacardiaceae atau mangga-manggaan. Pada beberapa negara berbeda, tanaman kedondong ini disebut juga dengan nama hog plum, ambarella, mokah (Kamboja), hevi (Filipina), gway (Myanmar), dan makak farang di negara Thailand. Jadi antara satu negara dengan negara lainnya memiliki sebutan yang berbeda untuk buah berwarna hijau ini. Biasanya buah kedondong digunakan untuk bahan makanan, bisa dimakan langsung ketika masih fresh, atau bisa juga dibuat menjadi asinan, selai, acar, maupun rujak. Buah kedondong ini mempunyai biji tunggal berserabut. Dan daun pada kedondong dapat dibuat menjadi penyedap untuk memasak pepes ikan. Mari baca selengkapnya.


Vitamin pada buah kedondong

Buah kedondong mempunyai unsur atau kandungan gula dengan bentuk sukrosa yang berguna sebagai penambah vitalitas tubuh dan penambah energi. Dan buah kedondong selain memiliki kandungan gula sukrosa, juga memiliki kandungan fosfor, kalsium, vitamin A, zat besi, vitamin C, dan vitamin B1. Masih belum selesai, buah kedondong juga memiliki kandungan air dan serat yang cukup tinggi dan memiliki manfaat untuk mencegah dehidrasi serta melancarkan pencernaan Anda. Sekarang, setelah Anda mengetahui vitamin dan kandungan apa saja yang terdapat dalam buah kedondong, mari kita lanjutkan ke topik apa saja manfaat dari buah yang satu ini untuk kesehatan Anda.

Manfaat atau kegunaan buah kedondong bagi kesehatan

Menjaga kesehatan gigi dan tulang

Buah kedondong bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang, itu karena kandungan fosfor dari dalam buah tersebut, yang memang bermanfaat untuk itu. Apabila Anda ingin memiliki gigi yang putih dan tulang yang kuat, maka rajin-rajinlah makan buah kedondong.

Mencegah sakit jantung

Kedondong dengan kandungan kalsium juga bisa berperan serta dalam menjaga tubuh dari serangan jantung. Rutin-rutinlah konsumsi buah kedondong untuk memiliki jantung yang sehat selalu.

Pemulihan tubuh

Buah kedondong selain mengandung fosfor dan kalsium, juga memiliki kandungan vitamin C – Sama seperti buah-buah yang lainnya, sebagian besar. Kandungan vitamin C dari kedondong inilah yang memiliki peran meningkatkan antibodi tubuh Anda, selain itu juga bisa membantu olahragawan untuk proses pemulihan yang lebih cepat, khususnya sesudah mereka selesai melakukan latihan berat dan melelahkan. Mungkin ke depannya akan ada minuman pemulih tenaga dengan bahan kedondong, untuk sekarang sepertinya masih belum diciptakan.

Menyehatkan mata

Buah kedondong juga bisa meningkatkan kesehatan mata Anda dengan kandungan vitamin A yang dimilikinya. Memang vitamin A ini sudah terbukti bisa meningkatkan kesehatan panca indera Anda sejak lama. Sekarang Anda mengerti jika vitamin A bukan hanya terkandung pada sayur wortel saja, namun juga bisa Anda dapatkan dari konsumsi buah kedondong.

Mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa buah kedondong memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi. Vitamin C ini bisa membantu proses metabolisme kolesterol untuk berubah menjadi asam empedu, yang memang mungkin mempunyai implikasi dalam level kolesterol darah juga timbulnya batu empedu di tubuh. Karena itu, bagi Anda yang bermasalah dengan kolesterol tinggi dan ingin mengontrolnya, Anda dapat memanfaatkan buah kedondong.

Menyembuhkan luka

Kandungan vitamin A di buah kedondong memiliki kegunaan menjaga kesehatan jaringan tubuh. Proses penyembuhan luka di tubuh Anda juga bisa lebih cepat jika Anda rajin memakan buah kedondong. Sekian artikel tentang manfaat kedondong dan vitaminnya, semoga bermanfaat.

- Tempat iklan 2 300 x 600 -
Manfaat Kedondong dan Vitaminnya | Unknown | 5

0 comments:

Post a Comment