Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

Diposting pada

- Tempat iklan 1 336 x 280 -

Manfaat dari temulawak untuk kesehatan ternyata ada, untuk Anda yang masih ingin mengetahui rahasia di baliknya mari teruskan membaca. Temulawak bagus untuk kesehatan jantung, hati, juga ginjal, Anda sudah tidak perlu meragukan lagi khasiat dari temulawak ini. Bahkan nenek moyang kita juga sudah memanfaatkan temulawak sejak jaman dahulu kala. Temulawak memang sudah terkenal sebagai bahan untuk membuat obat herbal asli Indonesia, itu karena khasiatnya bagi tubuh yang begitu banyak. Bagian dari tanaman temulawak yang digunakan adalah bagian akar, juga dikenal dengan sebutan rimpang. Rimpang atau akar inilah yang kemudian diolah untuk bahan obat herbal, metode untuk mengolahnya pun juga tidaklah sama, dalam artian ada banyak cara untuk mengolahnya. Mari baca selengkapnya. 


Tanaman temulawak ini dapat hidup pada daerah dengan ketinggian antara 5 hingga 750 M dari atas permukaan laut. Dan sebagai bahan tanaman herbal, memang terbukti bahwa temulawak itu memiliki banyak manfaat. Namun Anda harus bisa membedakan antara temulawak dengan kunyit, karena jika dilihat sekilas keduanya memiliki warna dan bentuk yang serupa. Jadi mungkin Anda bisa salah ketika keduanya diletakkan berdampingan. Khasiat dari temulawak dengan kunyit juga tentu saja berbeda.

Temulawak dan kesehatan hati

Temulawak memiliki manfaat positif yang benar-benar bagus untuk organ hati seseorang, di mana fungsi dari hati bisa terjaga dengan baik jika Anda mengkonsumsi tanaman herbal yang satu ini. Itu karena kandungan katagoga dari temulawak. Katagoga yang bisa membantu organ hati manusia untuk memproduksi empedu, selain itu juga membantu memberikan rangsangan supaya mengosongkan empedu. Berdasarkan uji klinik ke tanaman temulawak ini, menunjukkan bahwa temulawak memberikan hasil enzim, di mana hasil enzim ini bisa bermanfaat dalam menurunkan kadar SGPT dan kadar SGOT di dosis 15 hingga 30 mg kurkumin.

Temulawak dan radang sendi

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan hati, temulawak juga memberikan manfaat positif untuk radang sendi. Kandungan kurkumin dalam temulawaklah yang memberikan manfaat bagi radang sendi tersebut, kurkumin terbukti bisa mengurangi gangguan pada radang sendi.

Temulawak dan menurunkan lemak darah

Lemak darah itu tak baik untuk kesehatan dan harus dikurangi, Anda dapat memanfaatkan temulawak untuk mengurangi lemak darah tersebut. Temulawak memproduksi ekstrak temulawak serta fraksi kurkuminoid, dan inilah yang memiliki kegunaan untuk menurunkan kadar kolesterol seseorang.

Temulawak dan penyakit maag

Manfaat selanjutnya dari temulawak adalah untuk menangani sakit maag. Sakit maag ini banyak diderita oleh orang-orang dari berbagai usia, dan merupakan penyakit umum yang sering terjadi. Jika mau memanfaatkan temulawak untuk mengurangi sakit maag, Anda dapat mempersiapkan 1 rimpang temulawak, cuci bersih, kemudian buang kulitnya lalu iris tipis-tipis dan rebus memakai air dengan jumlah 5 gelas. Sesudah air mendidih, diamkanlah lalu tunggu sampai dingin, kemudian sesudahnya minum air rebusan tersebut dengan rutin.

Temulawak dan memperlancar pencernaan

Apabila Anda mempunyai masalah pencernaan, contohnya masuk angin ataupun perut kembung, bisa dibantu dengan memakai temulawak. Metodenya tidaklah sulit, Anda cukup mengkonsumsi temulawak setiap harinya, konsumsilah dengan rutin hingga sembuh.

Temulawak dan kesehatan jantung

Ada banyak sekali bukan manfaat dari temulawak untuk kesehatan? Berikut ada satu lagi, yaitu untuk kesehatan jantung. Kandungan dari temulawak memiliki kegunaan bagi kesehatan jantung. Jika Anda ingin jantung Anda terus terjaga, maka rajin-rajinlah konsumsi temulawak, tetapi jangan minum minuman temulawak yang limun, karena ada sodanya. Sekian artikel tentang manfaat temulawak untuk kesehatan, semoga berguna.

- Tempat iklan 2 300 x 600 -
Manfaat Temulawak untuk Kesehatan | Unknown | 5

0 comments:

Post a Comment