Hati-hati! Makan Srikaya bagi Wanita Hamil

Diposting pada

- Tempat iklan 1 336 x 280 -


Kegunaansehat.blogspot.com - Wanita hamil apabila ingin makan buah srikaya mungkin akan mendengar dari orang lain atau membaca di majalah tentang “Hati-hati makan srikaya bagi wanita hamil”, itu mungkin bisa Anda alami ketika Anda hamil. Apalagi buah srikaya ini cukup banyak peminatnya karena rasanya yang enak, dan juga karena harganya yang murah. Belum lagi karena efek aroma wangi yang dikeluarkan oleh buah srikaya asli Indonesia ini, Anda mungkin tidak tahan untuk tidak memakannya banyak-banyak, alhasil Anda-pun akhirnya memakan buah srikaya lebih dari satu ketika sedang hamil. Jika ini yang terjadi, Anda mungkin akan berpikir apakah mengkonsumsi srikaya tersebut baik ataukah memiliki efek buruk untuk kehamilan Anda? Mari baca selengkapnya.


Sekilas tentang buah srikaya

Buah srikaya ini merupakan buah yang memiliki daging berwarna putih dan memiliki rasa yang manis, juga terdapat biji di dalam buah tersebut, jadi sama dengan buah salak. Untuk bentuknya sendiri, buah srikaya memiliki bentuk seperti buah sirsak, namun buah srikaya tak memiliki duri lunak, dan itulah yang membedakan antara buah srikaya dengan buah sirsak. Untuk golongan tanaman, buah ini termasuk ke dalam tanaman genus Annona, di mana genus Annona ini berasal dari wilayah tropis. Buah ini umumnya berbentuk kerucut seperti cemara atau bundar, dengan diameter 6 hingga 10 cm, dan kulit yang bersisik serta berbenjol.

Rebusan biji buah srikaya

Buah srikaya disebutkan memiliki banyak manfaat – Untuk detailnya Anda bisa membaca di manfaat dari buah srikaya, dan itu memang benar apa adanya. Namun beberapa bagian tanaman srikaya bersifat racun, adapun bagian yang bersifat racun tersebut adalah rebusan biji, akar pohon srikaya dan kulit pohon srikaya. Oleh karena itu, Anda jika sedang hamil maupun tidak hamil sebaiknya menghindari mengkonsumsi rebusan biji dari buah srikaya. Jika Anda memaksa meminum rebusan biji srikaya, maka resiko kesehatan Anda dan janin akan terancam.

Buah srikaya boleh dikonsumsi ketika hamil

Berdasarkan pengalaman ibu hamil yang pernah mengkonsumsi buah srikaya setiap pagi ketika hamil, beliau menyebutkan jika tidak terjadi masalah kesehatan pada beliau dan juga bayinya. Dari sini Anda sudah dapat melihat bahwa buah srikaya ini tidak berbahaya untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun memang disarankan bagi Anda untuk berkonsultasi juga ke dokter kandungan, sebab takutnya terjadi kondisi khusus yang menyebabkan Anda tidak boleh mengkonsumsi buah srikaya ketika sedang hamil. Kondisi ini bisa saja terjadi, sebab kita tidak tahu apa yang diderita oleh tubuh Anda ketika sedang hamil, kecuali telah melakukan pemeriksaan di dokter.

Yang harus diperhatikan

Seperti disebutkan pada artikel manfaat srikaya sebelumnya, jika bagian dari tanaman srikaya yang bisa dikonsumsi selain buahnya adalah daun dan kulit kayunya. Ada beberapa juga yang mengolah biji dan akar srikaya, tetapi disarankan karena berisiko lebih baik jika Anda tidak mengetahui tentang cara mengolahnya, lebih baik dihindari, dibandingkan terjadi apa-apa yang bisa berefek fatal terhadap kondisi kesehatan Anda.

Kegunaan biji srikaya

Biji srikaya biasa digunakan untuk memacu enzim pencernaan, anthelmintik, abortivum, dan juga pembunuh serangga. Dari fungsinya yang terakhir, Anda mungkin sudah bisa melihat bahwa penggunaan biji srikaya harus hati-hati, apabila mengkonsumsi biji srikaya (Rebusannya) tidak di bawah pengawasan herbalis profesional, Anda bisa berisiko keracunan. Sekian artikel tentang hati-hati makan srikaya bagi wanita hamil, semoga berkenan.

- Tempat iklan 2 300 x 600 -
Hati-hati! Makan Srikaya bagi Wanita Hamil | Unknown | 5

0 comments:

Post a Comment