Asam Jawa dan Manfaatnya untuk Kecantikan dan Kesehatan

Diposting pada

- Tempat iklan 1 336 x 280 -

Asam Jawa juga termasuk salah satu bumbu masak. Namun ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kecantikan dan kesehatan seseorang. Oleh karena itu, jangan sampai melewatkan yang satu ini, ketahui infonya dan segera manfaatkan asam Jawa sekarang. Asam Jawa sudah sejak lama dimanfaatkan untuk menjadi bahan pengobatan tradisional. Manfaat dari asam Jawa dalam menjadi tanaman herbal itu sudah dikenal sejak dahulu kala. Jaman dahulu orang-orang sudah menggunakan buah ini untuk menyembuhkan sakit sariawan juga. Selain itu juga sering dimanfaatkan untuk mengobati luka, gigitan serangga, bahkan penyakit eksim kulit. Selain buahnya, ternyata daun asam Jawa juga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit demam. Mari baca selengkapnya.


Kegunaan dasar asam Jawa


Asam Jawa kegunaan dasar yang diketahui orang-orang hanya untuk bumbu masak, memang tidak semua, namun sebagian besar pasti memiliki pemikiran seperti ini. Biasanya makanan yang membutuhkan bahan dasar asam Jawa adalah yang bersifat atau sensasi asam, contohnya saja sayur asem, namun dengan menggunakan bahan asam Jawa, makanan tersebut akan terasa menyegarkan dan nyaman untuk badan. Selain untuk bahan makanan, asam Jawa juga sudah mulai dimanfaatkan untuk membuat minuman kesehatan tradisional, contohnya adalah minuman kunyit asam. Bahkan sekarang juga sudah dibuat versi pabrikannya.

Nama latin dari asam Jawa yakni Tamarindus indica, termasuk famili dari Fabaceae. Pohon asam sendiri asalnya bukan asli Indonesia, melainkan asli Afrika, namun sekarang Anda bisa menemukan pohon asam di negara Indonesia dengan mudah, karena banyak ditanam di pinggiran jalan. Ketinggian dari pohon asam Jawa sendiri bisa menggapai 25 m. Apabila Anda bandingkan dengan tanaman yang lain, asam Jawa merupakan satu-satunya tanaman yang nama pohonnya itu rasanya sama dengan rasa buah yang dihasilkan pohon tersebut. Daging buah asam Jawa memiliki warna putih, ketika sudah masak akan terlihat kecoklatan. Supaya daging buah asam bertahan lama, orang-orang biasa mengolahnya lagi, sehingga warnanya pun berubah jadi kehitaman. Biasa disebut juga dengan istilah asam kawak.

Kandungan daging buah asam Jawa


Berbagai macam kandungan zat asam ada dalam buah asam Jawa. Contoh kandungan tersebut misalnya malat, asam tatrat, suksinat, sitrat, serta asetat. Zat asam ini memiliki kegunaan untuk menjadi pencahar, melancarkan peredaran darah dan melancarkan proses buang air besar juga. Juga, kandungan flavonoid pada daun pohon asam biasa dimanfaatkan untuk menghilangkan rasa sakit dan juga digunakan sebagai anti radang.

Manfaat buah asam Jawa bagi kesehatan dan kecantikan


Mengobati eksim


Eksim memiliki nama lain dermatitis atau eksema. Bisa disembuhkan menggunakan asam Jawa, caranya cukup mudah. Anda siapkan asam Jawa segenggam, gula aren, umbi temulawak. Secukupnya saja. Tumbuk semua bahan lalu rebus menggunakan air 2 gelas, rebus hingga tersisa setengahnya. Saring air rebusan, kemudian minumlah. Minum per dua hari satu kali.

Mengangkat sel kulit mati


Sementara itu, untuk fungsi bagi kecantikan, asam Jawa juga memiliki peranan. Kandungan AHA (Alpha Hydroxy Acids) dalam asam Jawa bisa membantu dalam mengangkat sel kulit mati, di mana sel kulit mati ini yang menjadikan wajah seseorang terlihat kusam. Anda bisa melumatkan daging dari buah asam Jawa, campur garam dan yoghurt. Lumatkan hingga berbentuk adonan layaknya pasta. Gunakan adonan itu pada wajah Anda sebagai sebuah masker, tetapi hindari daerah mata. Tunggu sampai dengan 20 menitan sembari dipijat pelan dengan tujuan mengangkat sel kulit yang mati. Terakhir bilas menggunakan air bersih. Sekian artikel tentang asam Jawa dan manfaatnya untuk kecantikan dan kesehatan, semoga berkenan.

- Tempat iklan 2 300 x 600 -
Asam Jawa dan Manfaatnya untuk Kecantikan dan Kesehatan | Unknown | 5

0 comments:

Post a Comment