Faktor penyebab terjadinya kanker usus besar

Diposting pada

- Tempat iklan 1 336 x 280 -

Faktor penyebab kanker usus tidak hanya satu, melainkan banyak sekali. Kurang lebih yang harus Anda hindari adalah makanan dengan kandungan zat yang berbahaya. Penyakit kanker usus umumnya dikenal juga sebagai kanker usus besar, sebab ada di lapisan dalam dari usus besar. Bentuknya yakni polip (Gumpalan sel prakanker). Penyebab sel prakanker sendiri adalah jamur, tersembunyi pada dinding usus besar seseorang.


Penyakit kanker usus besar


Berdasarkan Centers for Disease Control, disebutkan jika kanker usus besar ini umumnya menyerang lelaki dibandingkan seorang wanita. Adapun faktor penyebab seseorang terserang kanker usus besar dapat Anda baca di bawah ini.

Penyebab penyakit kanker usus besar


Umur

Yang pertama adalah faktor umur. Di mana ini merupakan faktor nomor 1 seseorang terjangkit penyakit kanker usus besar. Untuk seseorang yang berusia 50 tahun benar-benar riskan terhadap prakanker, serta mudah berkembang ke kanker usus besar. Namun tak berarti umur langsung jadi patokan jika seseorang terjangkit.

Alkohol

Minuman beralkohol, jika diminum dalam jumlah banyak dapat mengakibatkan resiko terserang kanker usus besar semakin tinggi. Tak hanya itu saja, bahkan alkohol pun juga dapat menjadi faktor penyebab seorang wanita terserang kanker payudara. Di mana alkohol ini bersifat merusak jaringan tubuh, khususnya tenggorokan dan mulut, perubahan DNA di sel-sel tubuh yang rusak bisa menjadi awal dari penyakit kanker tersebut.

Diabetes type 2

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, terdapat kemungkinan besar jika penderita diabetes dapat terserang kanker usus besar. Penyakit ini mempunyai resiko sebanyak 40% lebih tinggi terserang kanker usus.

Alasannya adalah karena peningkatan kadar insulin di dalam tubuh penderita yang meningkat serta berkembang biak di dalam sel usus, serta akan merubah kelangsungan hidup dari sel. Karena itu kanker usus pun dapat terjadi.

Memakan daging merah

Juga, konsumsi daging merah, yang memiliki kandungan lemak hewani ataupun memakan daging olahan yang tercampur bahan pengawet. Semua itu bisa meningkatkan resiko terjadinya peradangan di usus. Kandungan lemak hewani yang tinggi dalam daging merah, serta kandungan bahan pengawet pada bagian dalam daging olahan itu bersifat merusak serta menghambat DNA di sel pelapis usus.

Kerusakan DNA pada organ usus seseorang, merupakan faktor penyebab utama orang tersebut menderita penyakit kanker usus.

Lingkungan

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, disebutkan jika lingkungan termasuk ke dalam faktor yang juga penting sebagai pemeran perkembangan tumbuhnya sel kanker usus. Sebagai contoh, yakni lingkungan sekitar yang telah tercemar oleh jenis bahan kimia tertentu dari pemakaian asap tembakau, herbisa, polusi udara, kontaminasi makanan, polusi tanah, hingga pencemaran air.

Genetik

Faktor gen juga merupakan faktor yang tidak pernah luput menjadi faktor penyebab seseorang terserang kanker. Gen adalah faktor genetik keturunan yang bisa menyebabkan seseorang terjangkit penyakit. Apabila di antara ke 2 orang tua pasien pernah terserang penyakit tertentu, termasuk kanker usus, maka kemungkinan besar anaknya pun terserang penyakit yang sama.

Apabila memang Anda mempunyai riwayat keluarga yang terserang kanker usus, maka segeralah konsultasi dokter. Dengan tujuan mengetahui apakah tubuh Anda mengidap penyakit kanker usus juga atau tidak. Anda dapat bertanya kepada saudara atau orang tua, mengenai umur berapa mereka terserang penyakit kanker usus.

Itulah beberapa faktor penyebab penyakit kanker usus besar. Anda harus lebih waspada dan berhati-hati.

- Tempat iklan 2 300 x 600 -
Faktor penyebab terjadinya kanker usus besar | Unknown | 5

0 comments:

Post a Comment